Rabu, 12 Oktober 2016

Yesus Terangkat ke Sorga



Tema: Kisah Para Rasul 1:6-11 “Yesus Terangkat ke Sorga”
Garis Besar Kotbah di GKB Jemaat “Bukit Kemuliaan” Cengkareng
Minggu, 22 Mei 2016
Dr. Junior Natan Silalahi


Pendahuluan:
Setelah Yesus bangkit dari kematian, Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah
Yesus bangkit membuktikan bahwa Ia hidup menyatakan bahwa Ia tidak kalah terhadap maut dan kematian. Sebab di dalam Yesus ada kebangkitan dan hidup. Barangsiapa percaya di dalam-Nya ia akan mengalami kebangkitan dan kehidupan.
Kebangkitan Yesus juga membeikan bantahan kepada para ahli Taurat yaitu golongan Saduki yang tidak percaya akan adanya kebangkitan dari kematian.

Sebelum Yesus naik ke sorga, para murid bertanya kepada-Nya maukah Ia pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel. Para murid merindukan agar Yesus membebaskan bangsa Israel dari penjajahan atau penguasa politik Romawi. Mereka merindukan agar bangsa Israel merdeka secara politis, sebagai bangsa lain yang memiliki raja yang berdaulat. Dan Yesuslah yang mereka harapkan menjadi raja atas mereka secara politis.
Tetapi Yesus memiliki rencana yang lain atas bangsa Israel:
1.      Para murid tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
2.      Pembebasan yang sejati bukanlah secara politis, melainkan secara rohani.
3.      Namun demikian, Israel juga akan memiliki wilayah yang merdeka secara mandiri kelak secara eskatologis.

Dan untuk merealisasikan doa Bapa Kami yaitu: “Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di Sorga”, maka Tuhan Yesus memberikan Amanat Agung kepada para murid.
Kisah Para Rasul 1:8
“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Menjadi saksi dimulai dari wilayah:
·         Yerusalem
·         Yudea
·         Samaria
·         Sampai ke ujung bumi

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. (1:9)
Peristiwa kenaikan Yesus ke sorga membuktikan bahwa Ia sendiri berasal dari sorga, bukan dari dunia ini.

Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka (1:10).
Dua malaikat ini adalah malaikat yang senantiasa bertugas untuk menyampaikan berita dari sorga. Hal yang sama juga terjadi ketika Yesus lahir ke dunia sebagai manusia, malaikat juga bertugas memberitakan kabar baik itu.
Sebagaimana peristiwa kenaikan Yesus ke sorga, demikian juga Ia kelak akan kembali pada kedatangan-Nya yang kedua.
Dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." (1:11).

Penutup:
Kenaikan Yesus ke sorga membuktikan bahwa Ia berasal dari sorga, bukan dari dunia. Ia juga menjanjikan kedatangan-Nya kembali ke dunia yang bertujuan untuk menjemput semua orang percaya yang adalah mempelai-Nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar